Universitas Lambung Mangkurat (ULM) baru saja meluluskan satu doktor baru lagi. Bernama Farida Ariyati. Ujian akhir disertasinya digelar di Ruang Seminar Program Pascasarjana, Selasa (15/6).
Farida Ariyati menjadi doktor kedua belas yang dihasilkan oleh ULM. Dia mengambil studi di bidang ilmu pertanian.
Dalam disertasinya, Ia menjelaskan bagaimana cara mewujudkan wilayah peri urban Kecamatan Gambut sebagai Kota Ramah Lingkungan. Yakni, dapat dilakukan delapan strategi pembangunan yang didasarkan pada atribut Green City yaitu Green Planning and Design; Green Open Space, Green Community, Green Waste; Green Transportation; Green Energy dan Green Building berbasis partisipasi masyarakat.
Disertasi Farida Ariyati berjudul; Strategi Pembangunan Kota Ramah Lingkungan Berbasis Partisipasi Masyarakat pada Wilayah Peri Urban Kecamatan Gambut.
Rektor ULM Banjarmasin, Prof Dr H Sutarto Hadi MSi MSc hadir dan menjadi pimpinan sidang pada Ujian Akhir Disertasi, Farida Ariyanti.
Membuka secara resmi kegiatan sidang tersebut, Rektor ULM menyampaikan bahwa Fardia Ariyanti merupakan mahasiswa S3 yang berjuang selama 8 tahun untuk meraih gelar doktor di ULM.
“luar biasa semangatnya Doktor Farida Ariyati, memang belajar itu penuh dengan perjuangan,” ungkapnya.
Adapun yang menjadi tim promotor, yaitu Prof Ir H Fadly Hairannor Yusran MSc PhD sebagai Ketua Tim Promotor, Dr Ir Hj Rukmini MP sebagai Anggota 1 Tim Promotor, Dr Mahmud ST MT sebagai ) Anggota 2 Tim Promotor. Dengan tim penguji, Ir Hj Nuri Dewi Yanti MSc PhD sebagai Penguji 1, Dr Ir H BambangJoko Priatmadi MP sebagai Penguji 2, Dr Ir Muhammad Husaini MS sebagai Penguji 3, dan penguji tamu yaitu Dr Ir Abdul Wahid Hasyim MSP dari Universitas Brawijaya.


Rektor ULM Prof Sutarto menyampaikan bahwa berdasarkan rekapitulasi penilai hasul ujian disertasi, Farida Ariyanti dinyatakan lulus dalam ujian akhir disertasi dengan nilai 85,71 atau mendapat nilai A. dan setelah diakumulasi dengan nilai-nilai sebelumnya, IPK nya adalah 3,98 dengan predikat kelulusan sangat memuaskan.
“Kami mengucapkan selamat kepada Farida Ariyanti yang telah menjadi doktor baru. Selamat juga kepada keluarga yang telah memberikan kesempatan, kepercayaan, motivasi dan dukungan kepada Farida untuk melanjutkan program doktor di ULM sampai dengan memperoleh gelar doktor,” ucapnya.(*/dyt)