Banjarmasin, 8 Januari 2020 Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat (ULM) gelar Ujian Disertasi Terbuka M. Hafidhuddin Noor, A.Mkl, SKM, MS. Mahasiswa Program studi doktor (S3) Ilmu Pertanian Pascasarjana ULM. Sidang yang bertempat di ruang seminar Lt. 2 gedung Pascasarjana ULM ini dipimpin langsung oleh Direktur Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat, Prof. H. Ahmad Suriansyah, M.Pd. Ph.D.

Pada ujian disertasi terbuka ini turut pula hadir Wakil Direktur I Bidang Akademik : Agung Nugroho, S.T.P, M.Sc, Ph.D, Wakil Direktur II Bidang Umum & Keuangan : Muthia Elma, M.Sc. Ph.D., Ketua Program Studi doktor (S3) Ilmu Pertanian Pascasarjana ULM : Akhmad Rizali Saidi, S.P., M.Agr, Sc, Ph.D, keluarga, kerabat, serta rekan kerja promovendus di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar.

Disertasi yang berjudul ‘Model Pengolahan Air Kolam Bekas Tambang Intan untuk Menghasilkan Air Bersih dengan Metode Filtrasi dan Fitoremediasi’ dipromotori oleh Prof. Dr. Ir. Ahmad Gazali, MS, Prof. Dr. Ir. Mijani Rahman, M.Si, dan Prof. Dr. dr. Nia Kania, S.PA(K).

Disertasi ini diuji oleh 3 penguji dari yaitu Prof. Dr. dr. Zairin Noor, Sp.OT(K), MM. FICS, Prof. Dr. Ir. Gusti Muhammad. Hatta, MS, Dr. Nopi Stiaty Prihatini, S.Si, MT beserta 1 penguji tamu dari Universitas Brawijaya yaitu Dr. Bagyo Yanuwiadi.

Telah kita ketahui bahwa ujian disertasi bertujuan mengukur tingkat penguasaan dan pertanggungjawaban mahasiswa S-3 atas penelitian disertasinya. Mahasiswa dinyatakan lulus apabila mencapai beberapa komponen penilaian disertasi. Diantaranya, menjawab dengan baik pertanyaan-pertanyaan penguji saat sidang terbuka berlangsung, dan salah satu pertanyaan yang diberikan oleh penguji tamu, Dr. Bagyo Yanuwiadi yaitu “Mungkinkah hasil penelitian disertasi ini diimplementasikan di dunia nyata?”

Setelah ujian siding terbuka dinyatakan selesai dan tim penguji merundingkan hasil yang didapatkan oleh M. Hafidhuddin Noor dengan beberapa pertimbangan komponen penilaian disertasi lainnya. Dengan demikian M. Hafidhuddin Noor, A.Mkl, SKM, MS menjadi doktor kelima yang telah diluluskan oleh Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *