Dalam rangka penerimaan mahasiwa baru, Program Pascasarjana ULM melaksanakan Tes Potensi Akademik (TPA) sebagai salah satu seleksi dalam proses penerimaan terhadap calon mahasiswa baru. Dalam pelaksanaan Tes Potensi Akademik ini Program Pascasarjana ULM menggandeng OTO-BAPPENAS sebagai salah satu penyelenggara resmi nasional Tes Potensi Akademik.

Tes Potensi Akademik itu sendiri merupakan tes psikologi yang digunakan untuk mengukur kegesitan mental seseorang ketika berurusan dengan obyek kata (verbal), angka (numeris) dan gambar (figural). TPA kerap dipergunakan dalam penyeleksian mahasiswa baru dan penyeleksian karyawan atau pegawai baru, bahkan untuk penyeleksian pimpinan suatu institusi negeri/swasta.

Pelaksanaan Tes Potensi Akademik (TPA) Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat digelar selama 2 periode. Periode pertama pada Tanggal 15 Juni 2019 dan Periode kedua pada tanggal 13 Juli 2019. Periode pertama diikuti oleh 480 Calon Mahasiswa Baru dan periode 2 diikuti oleh 326 Calon Mahasiswa Baru, sehingga total Calon Mahasiwa Baru Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Tahun Ajaran 2019-2020 yang mengkuti Tes Potensi Akademik (TPA) adalah 806 orang.

Pelaksanaan Tes Potensi Akademik pada Periode Kedua tanggal 13 Juli 2019 dihadiri langsung oleh Direktur, Wakil Direktur 1 dan Wakil Direktur 2 Program Pascasarjana ULM yang baru saja dilantik. Pada kesempatan ini Direktur Program Pascasarjana, Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D membuka langsung koper yang berisi soal Tes Potensi Akademik sebagai jaminan keamanan dan kerahasiaan soal TPA.

Disamping pelaksanaan Tes Potensi Akademik, Program Studi juga melaksanakan Tes Bidnag, Wawancara serta Tes TOEFL sebagai bagian dari proses seleksi penerimaan mahasiwa baru. Dengan pelakasanaan berbagai tes dan seleksi ini diharapkan dapat menyaring para calon mahasiswa sehingga Program Pascasarjana ULM menerima para mahasiswa yang memang layak dan berkompeten.